3 Strategi Bisnis NIKE di Tengah Pandemi

haafa

3 Strategi Bisnis NIKE di Tengah Pandemi

3 Strategi Bisnis NIKE di Tengah Pandemi. E-business pakaian anjlok selama pandemi, hal yang sama terjadi pada Nike, produsen dan retail sepatu, tetapi kemudian di luar dugaan, pendapatan Nike melonjak drastis pada kuartal terakhir 2020.

3 Strategi Bisnis NIKE di Tengah Pandemi

3 Strategi Bisnis NIKE di Tengah Pandemi

Nike mengumumkan pendapatan 11,2 miliar dolar AS, naik sembilan persen dari kuartal sebelumnya. Sebelumnya laba bersih meningkat 12 persen menjadi 1,3 miliar dolar AS, saham Nike berada pada nilai tertinggi sepanjang masa, melonjak 7,7 dan memberi Nike nilai pasar 228 miliar dolar AS, bagaimana jadinya, apa yang terjadi dan bagaimana kita bisa belajar Dari sukses nike?.

Kesuksesan Nike sebenarnya itu tidak datang tiba-tiba, karena keputusan strategi bisnis Nike yang dimulai tiga tahun sebelumnya, hanya pandemi yang mempercepat prosesnya.

John Donahoe Ceo Nike mengatakan bahwa pandemi global masih belum akhir. Perilaku konsumen berubah dengan cepat dan memberikan peluang bagi kami untuk mempercepat proses transformasi kami, lalu apa sebenarnya strategi Nike ?

Strategi Nike kami pindahkan dari Legacy, yang merupakan model distribusi hostel ke model yang dapat memberikan pengalaman berbelanja yang lebih premium kepada pelanggan kami?

1. Pertama menuju ke konsumen (direct to Consument), kedua double down digital dan ketiga store experiential belt, mari kita akan bahas satu persatu.

Saya tunjukkan bagaimana caranya agar bisa meniru kesuksesan Nike di perusahaan. Mulai dari cara pertama yaitu langsung ke konsumen, menyadari bahwa direct to consument pada penjual Nike tidak dapat sepenuhnya mengontrol pengalaman pelanggan. Dan itu bisa merusak merek Nike. Selain itu, pelanggan Nike berubah digital.

Nike mengizinkan untuk langsung menjangkau pelanggan potensial sehingga Nike mulai berhenti berkolaborasi dengan banyak penjual dan mengurangi jumlah mitra idealnya selama tiga tahun terakhir.

Tahun lalu, Nike bahkan berhenti berkolaborasi dengan Amazon untuk penjualan online-nya. Sekarang mereka lebih memilih, Nike hanya akan memilih lebih sedikit mitra strategis, yang sama dengan visi mereka untuk menciptakan pengalaman berbelanja yang terkoneksi secara konsisten dan modern. Ini adalah hal positif karena memungkinkan Nike untuk mengendalikan masa depannya sendiri.

2. Digital, Cara kedua adalah melipatgandakan penjualan Nike melalui saluran digital tumbuh 84 persen Awalnya Nike menargetkan 30% menembus digital pada tahun 2023 saat ini meningkat perkiraan bahwa target akan dapat dicapai pada tahun 2021, kemudian meningkatkan target penetrasi digital sebesar 50%.

Eksekutif Nike mengatakan bahwa digital berpotensi menjadi mayoritas sistem penjualan Nike. Bisnis Nike tidak hanya menggunakan teknologi digital untuk mengetahui penjualan, tetapi juga menjadikan Nike sebagai bagian dari gaya mereka.

Kehidupan pelanggannya yang membuat Nike jauh di depan para pesaingnya. Sebagai contoh Nike Training Club membantu pelanggan untuk rutin melakukan olahraga fitnes. Nike juga serius memboyong reformasi digital di semua aspek operasi Nike menggunakan teknologi digital untuk meningkatkan margin keuntungan termasuk memanfaatkan kecerdasan buatan.

3. House of Innovation (Experience Store), Cara ketiga adalah toko pengalaman pertama yang dibangun Nike sebagai toko unggulan di Devi New York city yang disebut House of Innovation yang memungkinkan pelanggan merasakan sensasi inovasi yang dibawakan Nike kepada mereka.

Nike berencana membuka hingga 200 toko kecil yang disebut oleh mereka dengan Nike live di berbagai lokasi di Amerika Utara yang merupakan pasar utama.

Tujuannya adalah agar Nike menciptakan hubungan yang lebih bermakna dengan pelanggannya daripada hanya hubungan transaksional pembelian dan penjualan. Wakil Presiden Global Direktur Nike mengatakan Nike live membuat Nike lebih dari sekadar komunitas membantu membangun komunitas membantu meningkatkan kegiatan olahraga dan membantu anggota komunitas untuk mengembangkan potensi mereka.

Selain itu, Nike live membuat sistem berbelanja menjadi pengalaman yang benar-benar menyenangkan bagi semua pelanggan Nike.